Saturday, January 21, 2017

Langkah-langkah dalam Membuat Sebuah Lagu



Bagi kita para pendengar dan penikmat lagu, tentunya pernah terbersit dibenak kita keinginan untuk menciptakan lagu yang asli ciptaan kita sendiri. Memiliki sebuah lagu ciptaan sendiri adalah suatu kebanggaan tersendiri, khususnya para musisi yang ingin memberikan suatu karya musiknya yang berupa lagu – lagu yang menyentuh, easy listening, dan disukai masyarakat yang akhirnya mereka memperoleh hasil dari karya – karya mereka. Tapi tidak menutup kemungkinan kita sumua juga dapat menciptakan sebuah lagu. dalam membuat lagu pasti memiliki kesulitan tersenderi saat pertama kali mencoba menciptakan lagu. Nah, bagi para teman-teman yang berkeinginan menciptakan lagu sendiri, kami akan memaparkan kepada teman-teman tentang langkah-langkah dan cara yang efektif untuk membuat lagu sendiri. Yuk kita simak langkah-langkah berikut ini

1. Inspirasi Lagu



Yang paling awal yang harus dilakukan dalam membuat sebuah lagu ciptaan kamu sendiri adalah “Inspirasi”. Inspirasilah yang menuntun kamu dalam membuat lagu mulai dari awal hingga akhir akan sangat berpengaruh. Jadi carilah inspirasi lagu kamu terlebih dahulu sebelum kamu membuat lagu ciptaan kamu sendiri, karena sebuah inspirasi dapat sangat berpengaruh dalam lagu kamu dan sekaligus mempermudah kamu dalam membuat lagumu sendiri. Caranya adalah dengan mengondisikan mood Anda, bisa dengan merilekskan tubuh, berjalan-jalan dipagi hari dan menghirup udara segar, lupakan beban kesedihan atau amarah didalam hati, dan lain sebagainya. Bila mood kita sudah baik, ide-ide akan bermunculan begitu saja secara mengejutkan.


2. Tentukan Tipe Lagu atau Tema Lagu


Setelah mendapatkan sebuah inspirasi yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu kamu harus menentukan tema lagu apa yang akan kamu buat, apakah tipe lagu romantis, cinta, kesedihan, kebahagiaan, petualangan, cerita hidup, dll. Tipe lagu akan bisa di tentukan ketika inspirasi lagu sudah di dapat. Menentukan tipe lagu juga sangat penting karna juga akan berpangaruh pada nuansa musikalitas lagu dan lirik lagu yang akan kamu buat.

3. Tentukan Genre Lagu



Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah tentukan genre atau aliran musik apa yang akan kamu masukkan kedalam lagumu. Genre akan mudah ditentukan jika kamu sudah menentukan tipe lagu kamu. Lebih baik juga genre musik menyatu atau singkron dengan tipe lagu yang sudah kamu tentukan, semisal tipe lagu romantic dengan aliran musik pop akan sangat singkron dan mengakibatkan lagu memiliki soul/jiwa dan akan terasa bagi yang mendengarkan.

4. Buatlah Lirik Lagu


Pembuatan lirik lagu adalah tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan. Lirik lagu yang beralur dan mempunyai kedalaman kata – kata yang dashyat adalah lirik lagu yang berkualitasis. Inspirasi yang telah kamu miliki akan menuntun kamu untuk membuat kata – kata dalam lirik lagu yang akan kamu buat, menyusunnya hingga inspirasi itu dapat tertuangkan dengan lirik lagu yang kamu buat. Dalam pembuatan lirik lagu sudah kami bahas di Tips Membuat Lirik Lagu, disana kamu bisa belajar bagaimana membuat lirik lagu yang berkualitas.

5. Tentukan Struktur Lagu



Langkah selanjutnya yaitu membuat struktur lagu. Struktur lagu akan berdampingan dengan membuat lirik lagu karena sambil kamu membuat lirik lagu otomatis kamu juga akan menentukan struktur lagunya. Bagi yang masih tidak tau mengenai struktur lagu bisa lihat di Mengenal Bagian – Bagian Lagu, disana akan dijelaskan perbagian – bagian dari struktur lagu. Kreativitas juga dapat digunakan untuk menentukan struktur lagu yang unik dan menarik. Untuk pemula buatlah struktur lagu yang simple terlebih dahulu.

6. Tentukan Nada/Kunci Dasar



Menentukan kunci dasar adalah langkah selanjutnya, kunci dasar dan nada dasar adalah sebagai patokan range(wilayah) nada – nada yang dapat dijangkau. Kunci dasar ditentukan dari seberapa tinggi nada vocal yang dapat dicapai oleh penyanyi yang menyanyikan lagu kamu. Untuk vocal wanita biasanya memakai kunci dasar G sedangkan lagi – laki memakai kunci dasar C. Usahakan jangan sampai membuat vocal kamu sulit untuk menyanyikan lagu kamu dikarenakan pengambilan nada dasar yang terlalu tinggi, usahakan mencari kunci dasar yang membuat vocal kamu relax dalam menyanyikannya.

7. Membuat Nada Lagu (Awal – Akhir)



Langkah selanjutnya yaitu menentukan nada atau lagu dari setiap struktur lagu yang telah kamu buat dengan mengembangkan kunci dasar yang telah kamu tentukan dan buatlah nada dari bagian – bagian penting dibawah ini :

a. Buatlah Nada Awal (Intro)

Intro adalah nada pembuka lagu anda, berikan sentuhan kreativitas kamu dan explor semua kreativitas kamu hingga terciptalah sebuah intro yang indah dan mudah diingat pendengar. Bagi pemula buatlah sebua intro yang simple dengan kunci dasar atau dengan variasi petikan gitar dan sedikit nada melodi.

b. Buatlah Nada Untuk Melodi (Middle)

Molodi / Interlude adalah bagian dari lagu yang mengguakan salah satu alat musik yang ditonjolkan nadanya sementara vocal berhenti atau cuman membacking nada yang dihasilkan oleh nada melodi. Buatlah nada melodi yang simple tapi cocok dan menyentuh.

c. Buatlah Nada Akhir (Outro)

Nada akhir bisa dimasukkan atau tidak ke dalam bergantung dari selera kamu, apakah kamu ingin membuat sebuah akhiran lagu yang klimaks karena biasanya klimaks lagu atau puncak lagu berada pada akhir – akhir dari lagu. Sebuah lagu harus memiliki klimaks atau titik puncak lagu yang membuat lagu itu meriah dan hidup serta memiliki alur cerita yang runtut, nyambung dan mudah dipahami. Buatlah sebuah akhir lagu yang benar – benar klimaks dan mengejutkan.

8. Finishing, Cobalah Nyanyikan Lagu Anda Secara Penuh



Langkah terakhir dalam pembuatan sebuah lagu adalah dengan mencoba menyanyikannya dari awal hingga akhir agar kombinasi dari struktur lagu, musikalitas lagu, lirik lagu yang kamu buat dapat kamu koreksi dan rasakan. Cobalah menyanyikan lagumu dengan semangat dan rasakan setiap lirik serta nada musik yang telah kamu buat sendiri.

9. Koreksi dan Tambahkan Variasi Untuk Memperindah Lagu.



Jika sudah dirasa bagus, koreksi lagi lagu teman-teman dengan cara menyanyikannya di depan temanmu lalu suruh mereka berkomentar tentang lagumu, dari hal itu kamu bisa mengoreksi lagumu dari pendengar atau penikmat lagu ciptaanmu. Dan jangan lupa memberi variasi – variasi pada lagumu agar lebih indah dan pendengar lagumu dapat masuk dan hanyut kedalam cerita lagu ciptaanmu. Kreativitas dalam variasi sangat diperlukan dan janganlah membuat variasi yang terlalu banyak dan rumit. Berikan variasi yang simple dan mudah diingat pendengar.

Nah itulah dia langkah-langkah dalam membuat lagu, semoga teman- teman b
erhasil dalam membuat lagu, sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Jika teman- teman ingin bertanya atau mengalami kesulitan silahkan curahkan di komentar.


Sumber :

http://jalandamai.org/wp-content/uploads/2015/05/Inspirasi-e1431416041822.jpg
http://www.bibeh.com/wp-content/uploads/2014/10/Cara-Membuat-Lagu.jpg
https://tachsani14.files.wordpress.com/2013/12/music-genre.jpg
http://www.catrumahminimalis.com/wp-content/uploads/2014/11/Lagu-Romantis-Terbaik.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Kh8hdO4bXsU/V8xWGA2kgaI/AAAAAAAAEys/8vHw7hflKPM4mpSKEu5Mi8xDYcxjyDV9gCEw/s320/lirik%2Blagu.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8C5dsUEZoBkUEjO8VQLzekZGn7eog8VwrVdiWGC4GiDe8qFzLNIzeMp5J2M_QJcjlm-rBvEDZFCJYIxV-fTD3axPesAkfWCISxN243j54svLrhsP7bEsD934kwBskRewRT4d0hg45V3I/s1600/images.jpg
http://pad3.whstatic.com/images/thumb/8/83/Write-Song-Lyrics-Step-6-Version-2.jpg/728px-Write-Song-Lyrics-Step-6-Version-2.jpg
https://tulislagu.files.wordpress.com/2011/08/porsi-struktur-lagu.png
http://classictune.weebly.com/uploads/1/7/1/8/17185652/editor/1361731369.jpg?1482243916
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizSh9zuM_UlCYxiq-Xw8eME24FgdqysDxDKYSflEd71anoArHNqMRpWs99Ts2mqhXzDmhHHiTdfze1m2E_E1Op3zM-Tc_Iiafjpt8hsdhJgy64_E-ItGk9p_1nOZAvU7MRx5JAik_oNGg/s1600/cara+bermain+gitar+langsung+bisa.jpg
http://cdn2.tstatic.net/kaltim/foto/bank/images/bule-nyanyi-obok-obok_20161017_085244.jpg
https://klinikmusik.wordpress.com/2015/03/01/langkah-langkah-membuat-lagu-ciptaan-sendiri/
http://www.abwaba.com/cara-membuat-lagu.html

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: