Sunday, January 8, 2017

Mengenal Bahasa Pemrograman




Halo teman-teman, apa kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik saja. Langsung saja, hari ini saya ingin memberi informasi tentang bahasa pemrogaman komputer atau yang biasanya disebut programming language.  Bagi teman-teman yang suka bermain game atau melihat sebuah animasi, itu merupakan bagian dari fungsi bahasa pemrograman. Jika teman-teman ingin mengenal lebih dekat tentang bahasa pemrogaman, yuk kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut.

Perkembangan bahasa pemrograman komputer tentu tak lepas dari perkembangan komputer itu sendiri. Bahasa pemrograman komputer mulai dikembangkan pada saat penemuan komputer digital pertama, sekitar tahun 1940-an.Bahasa komputer yang termasuk dalam assembly language dikembangkan pada tahun 1950-an karena komputer mulai merambah ranah komersial. Contoh bahasa yang termasuk dalam golongan Assembly ini adalah ForTran (Formula Translation) yang dibuat oleh John Backus pada sekitar 1950-an hingga 1960-an. Kemudian bahasa komputer dengan banyak penyempurnaan mulai dikembangkan seperti COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Grace Hopper, LISP (List Proccesing) oleh John McCarthy.

Pada akhir tahun 1960-an muncul sebuah bahasa komputer yang diberi nama SIMULA dan setelah itu perkembangan bahasa komputer semakin pesat. Pada tahun 1970-an muncul banyak bahasa pemrograman yang terkenal, yakni ALOGOL, BASIC, PASCAL, C dan ADA. Perkembangan bahasa komputer semakin berkembang pesat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa yang berkembang adalah BASIC, JAVA, C++ dan PASCAL. Pada awal 1990-an, diperkenalkan istilah IDE (Integrated Development Environment) yang menyatukan bahasa pemrograman dan GUI sehingga membuat program menjadi lebih mudah. Beberapa IDE yang terkenal adalah Visual Basic (bahasa BASIC), Borland Delphi (bahasa PASCAL) dan Eclipse (Bahasa Java).


Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi dari bahasa pemrograman yang memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal atau supermarket, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa pemrograman umumnya dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)   
2. Level Language tinggi (seperti Pascal dan Basic)                                     
3. Tingkat Tengah Language (seperti C)                                      
4. Level Language rendah (seperti bahasa assembly)


Tingkat Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman ini masuk ke level sebagai bahasa dekat dengan bahasa manusia. Sebagai contoh, bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java dan lainnya.dsb dan tidak lagi pada pemula sulit dimengerti.

2. Bahasa Tingkat Menengah

Disebut tingkat menengah karena dapat masuk ke dalam bahasa tingkat rendah tinggi dan. Misalnya dalam bahasa program C.

3. Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman masuk ke level ini karena bahasa masih jauh dari bahasa manusia. Contoh bahasa Assembly.


Proses Pembuatan Program

Proses pembuatan program dapat kita lakukan dengan cara menulis kode di beberapa editor teks, seperti notepad dan kemudian mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dapat dieksekusi oleh CPU. Proses konversi kode sumber (source code) ke dalam bahasa mesin (bahasa mesin) terdiri dari dua jenis kompilasi dan interpretasi.

1. Kompilasi (Compilation)

Dalam proses kompilasi source code untuk membacanya pertama dan jika tidak ada kesalahan dalam penulisan, program ini akan mengatur kode mesin sehingga program dapat dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler.

Program ini akan mengkompilasi hasil dalam bentuk yang dapat dieksekusi. Program ini dapat dijalankan tanpa harus langsung memiliki compiler pada komputer yang menjalankan program. Bahasa menggunakan teknik kompilasi Ulasan seperti bahasa C, C ++, Pascal, Assembly dan banyak lagi.


2. Interpretasi (Interpretation)

Bahasa menggunakan teknik interpretasi akan membaca kode sumber dan dieksekusi per baris per baris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program dalam kesalahan garis bahwa program akan dihentikan. Program yang melakukan tugas ini disebut Interpreter.
Dalam tidak ada teknik interpretasi akan menghasilkan program mandiri, artinya menjalankan program kita harus memiliki kode sumber setelah juru Program. Bahasa yang menggunakan bahasa teknik interpretasi Ulasan seperti Perl, Python, Ruby dan banyak lagi.


3. Kompilasi Sekaligus Interpretasi

Ada juga sebuah bahasa pemrograman yang menghasilkan teknik penyusunan Program serta interpretasi. Sebagai contoh, bahasa java. Dalam membuat java kode sumber program diubah menjadi bytecode.

Meskipun terlihat seperti bahasa mesin, tapi ini bukan bahasa mesin dan tidak dapat dieksekusi. Untuk menjalankan bytecode kita perlu Java Runtime Environment (JRE), yang yang menjabat sebagai juru dari program bytecode yang dihasilkan.

Meskipun setiap bahasa pemrograman dibuat untuk membuat program tetapi call now bahasa dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk membuat driver hardware kita tidak bisa menggunakan bahasa Visual Basic.

Untuk membuat sistem berbasis program Ulasan seperti driver kita dapat menggunakan C atau bahasa assembly. Sebagai contoh, sistem operasi Linux adalah open source. Jika Anda melihat kode sumber Anda akan menemukan bahwa Linux dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C.
Adapun desktop kita dapat menggunakan Visual Basic. Bahasa ini dirancang oleh Microsoft untuk pemrograman GUI desktop dengan tampilan yang mempesona.


Bahasa pemrograman yang umum digunakan

1. HTML / CSS
Logo HTML/CSS

Banyak yang tidak menggaggap ini bagian dari bahasa pemrograman atau memang HTML/CSS bukanlah bahasa pemrograman, tetapi jika dalam pandangan program dalam web yakin HTML / CSS adalah dasar dari semua itu, jadi jika Anda ingin belajar membuat web  statis pertama Anda pasti akan belajar HTML / CSS dasar.


2. JavaScript
Logo JavaScript


JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi. Ini adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk belajar dan dapat digunakan untuk apa saja seperti data formulir validasi untuk mengembangkan permainan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pemula.


4. PHP
Logo PHP

Bahasa pemrograman yang digunakan terutama untuk mengembangkan halaman web dinamis. Ini berarti bahwa pada membuat file terpisah untuk panggilan sekarang halaman penuh dari situs kode, Anda dapat menulis satu set aturan untuk akses dan menampilkan informasi dari database yang kemudian dapat membuat halaman dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan.


5. C
Logo c

Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bukan tanpa sebab bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.


6. C++
Logo C++

Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya. C + +, yang yang sekarang digunakan, berbagai konfirmasi Instan aplikasi. Belajar C + + juga memiliki keuntungan bahwa itu adalah mudah untuk belajar bahasa lain C adalah C # dan C. Semua bahasa C Umumnya dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah.


7. C #
Logo C#

Diucapkan C Sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET. Jika Anda ingin menulis sebuah jendela aplikasi, atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop, ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum banyak kesamaan dengan bahasa C tua.



8. Python
Logo Phyton

Sangat populer di komunitas ilmiah dan akademik, tetapi juga telah digunakan untuk make situs populer seperti Pinterest. Hal ini relatif mudah untuk belajar Dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya, namun masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu. Jadi bahasa pemrograman ini direkomendasikan untuk pemula karena dilihat dari sisi sintaks yang singkat dan jelas sehingga tidak membingungkan para pemula.


9. Java
Logo Java

Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android, dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi android (dan penggunaan lainnya). Java diciptakan dengan “tulis sekali, jalankan di mana saja” (WORA) pendekatan untuk memfasilitasi kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di komputer lain.


10. Ruby
Logo Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python 11.


11. Visual Basic
Logo Visual Basic

Berasal dari ‘BASIC’, yang sangat populer di hari-hari awal komputasi personal, Visual Basic (VB) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks


12. ActionScript
ActionScript 3.0

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.


13. MySQL
Logo MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibuat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan Hal paling mendasar yang menjadikan MySQL pilihan utama sebagai database yang digunakan adalah karena MySQL menggunakan Lisensi GPL dan multiplatform, sehingga lebih disukai para mahasiswa karena tidak membutuhkan biaya besar dalam membuat aplikasi serta tidak harus tergantung pada OS Windows ataupun Linux karena dapat dijalankan pada kedua OS tersebut dan beberapa OS lainnya. Ulf Micheal Widenius adalah penemu awal versi pertama MySQL yang kemudian pengembangan selanjutnya dilakukan oleh perusahaan MySQL AB. MySQL AB yang merupakan sebuah perusahaan komersial yang didirikan oleh para pengembang MySQL.


Jadi teman-teman itulah bahasa pemrogaman, memang bahasa ini terbilang bagi teman-teman, tetapi jika kita ada kemauan untuk belajar setiap hari, pasti teman, teman dapat berhasil menguasai banyak bahasa pemrogaman
karena kunci keberhasilan adalah selalu berusaha dan berdoa, mungkin sekian yang dapat saya tulis semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.





Sumber referensi :

http://azizfadhlan.blogspot.co.id/2013/12/bahasa-pemrograman-untuk-pemula.html
https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia
http://belajar-komputer-mu.com/mengenal-bahasa-komputer-atau-bahasa-pemrograman/
http://hastomo.net/php/pengertian-dan-kelebihan-database-mysql/

Sumber foto :

https://www.planet-source-code.com/vb/2010Redesign/images/LangugeHomePages/CPlusPlus.jpg
http://www.helixriver.com/wp/wp-content/uploads/2015/02/logo_html5-css3.jpg
http://www.javatpoint.com/images/javascript/javascript_logo.png
http://www.bebetterdeveloper.com/img/post_img/python-logo.png
http://logonoid.com/images/ruby-logo.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmV1d475Xa8vLiHHNZbxudvAHViSdNfYxG67lF3vSX6Flje8FIhpD9Xpq5d_hjC-OHkSd6kbGsxj_HIwIFbjmEErYgR3-PSiYdukdG9QLY_dDSFC2ZW585lFlXqxQ5KLSCji2nkIgujXw/s1600/as3.jpg
http://geleceksoftware.com/opc-client-visual-basic.png
http://suneeta.com.np/wp-content/uploads/2014/10/java-mini-logo-500x500.png
http://blog.bounceweb.com/wp-content/uploads/2010/11/Basic-Functions-of-mySQL1.jpg
https://dab1nmslvvntp.cloudfront.net/wp-content/uploads/2016/04/1459870313PHP-logo.svg.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimpQ3N1u02zrnGWLwCjBgFb3AJFdaud-sKm92FrjNP_H9I7JudEeDeU5GGGOAF5PVFGN3CdWzKWihyphenhyphen_To0uE2z2j7vkUgAnzKXp-90LACPNzN_RnqRBfh62MnmOVkiC_8i_S-MrCNjE0E/s1600/C-Sharp.png
https://ilpverymuch.files.wordpress.com/2014/11/c-program-logo-techseventy.png?w=512&h=512&crop=1
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: