Thursday, January 19, 2017

Kisah Kesuksesan Steve Jobs




Apakah teman-teman suka bermain gadget? Suka menonton film animasi? Atau suka membaca kisah orang sukses? Ya, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, hari ini saya ingin memberikan paparan tentang kisah perjalanan kesuksesan Steve Jobs. Bagaimana sih, kisah hidup dari mantan pemimpin Apple ini? Dan apa hubungan antara Steve Jobs dengan gadget dan animasi? Penasaran kan? Yuk kita telusuri.

Pria yang bernama lengkap Steven Paul Jobs ini lahir pada 24 Februari 1955 dan menjalani masa kanak-kanak dan remaja di lingkungan orang tua adopsinya. Ya, Steve Jobs diadopsi oleh Paul Reihold Jobs dan Clara Jobs. Orang tua biologis Steve Jobs adalah John Abdulfattah Jandali dan Joanne Simpson, kedua orang tua kandung stve jobs ini  tidak bisa mengasuh Steve Jobs karena dilarang oleh keluarga pihak sang ibu. Saat itu status kedua orang tua biologisnya memang belum menikah dan keluarganya tidak ingin kalau bayi Steve Jobs menjadi “aib” di keluarganya.

Steve Jobs kecil sering menemani hobi ayah angkatnya yang suka merakit sesuatu dan mengutak-atik mesin di dalam garasinya. Pada suatu wawancara, Jobs mengatakan kalau masa-masa seperti itu adalah saat dimana antusiasmenya dalam membuat sesuatu mulai dibangun. Steve kecil tidak peduli tentang sekolah, ketika Ia berada di sekolah menengah Critteden Middle School, Ia tidak suka belajar dan lebih menyukai mengganggu anak-anak lain. Ia meneruskan pendidikannya di Cupertino Junior High, Los Altos.

Steve muda tumbuh di sebuah lembah kebun aprikot yang sekarang sudah berubah menjadi pusat dunia teknologi komputer, Silicon Valley. Ketika Steve diterima di Homestead High School, ia terdaftar di kelas elektronik yang paling populer di sekolah itu. Kemampuan Steve berkembang pesat di bawah bimbingan gurunya yang bernama McCollum. Pada saat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh McCollum, Steve menghubungi Bill Hewlett, salah satu pendiri Hewlett Packard (HP) untuk mencari suku cadang guna membuat frequency counter. kemudian Hewlett memberikan Steve kesempatan magang di perusahaan Hewlett Packard. Keterampilan kewirausahaan Steve mulai muncul di awal hidupnya.
Di Homestead, Steve berteman dengan Bill Fernandez yang memiliki minat yang sama dengan Steve di bidang elektronik. Bill memperkenalkan Steve dengan jagoan komputer lainnya, yaitu Stephen Wozniak, atau “Woz”.  Steve dan Woz dengan cepat menjadi teman baik. Pada saat itu, Woz sedang membangun papan komputer kecil dengan Bill Fernandez yang mereka sebut “Soda Cream Komputer”.

Woz dan Steve pertama kali memulai usaha mereka pada tahun 1972. Pada saat itu ada banyak pembicaraan tentang hacker komputer yang berhasil membuat “kotak biru”, yaitu perangkat kecil yang dapat membobol peralatan telekomunikasi AT&T, sehingga memungkinkan untuk membuat panggilan telepon secara gratis. Steve kemudian mengusulkan untuk menjual kotak biru tersebut. Mereka menjualnya dari kamar ke kamar di asrama Berkeley, dimana Woz masih menjadi mahasiswa di sana. Namun, bisnis ini adalah ilegal dan mereka berhenti setelah hampir tertangkap oleh polisi.

Steve memutuskan untuk mendaftar ke Reed College di Oregon. Reed College adalah perguruan tinggi seni liberal yang sangat mahal. Saking mahalnya, Paul dan Clara hampir tidak mampu menyekolahkan Steve sesuai keinginannya. Namun mereka terikat janji dengan Ibu biologis Steve bahwa mereka akan menyekolahkan Steve di sekolah yang terbaik, sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan hampir seluruh tabungan mereka untuk membiayai pendidikan Steve. Akan tetapi Ia hanya tinggal selama satu semester (6 bulan) di Reed College karena drop out.

Pada tahun 1974, Steve Jobs memutuskan untuk bekerja sebagai teknisi di Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video game populer yang ada di dunia. Ini ia lakukan untuk dapat menabung uang demi melakukan perjalanan spiritual ke India.

Setelah tabungannya cukup, Steve Jobs kemudian berangkat ke India untuk mengunjungi Neem Karoli Baba di Kainchi Ashram-nya bersama seorang teman dari Reed College, Daniel Kottke. Daniel Kottkemerupakan karyawan Apple pertama. Perjalanan Jobs ke India ini untuk mencari pencerahan spiritual. dan pada saat Ia pulang, Ia sudah memeluk agama Buddha dengan rambut sudah tercukur habis serta mengenakan pakaian tradisional India.

Sepulang dari India, Jobs kembali ke pekerjaan lamanya di Atari dan diberikan tugas untuk menciptakan papan sirkuit untuk permainan Breakout

Pada tahun 1976, Steve dan Woz mendirikan Apple Computer Inc. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Steve dan Woz diberi nama Apple I. Kemudian pada 1977, Steve dan Woz memperkenalkan Apple II yang sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda.

Pada 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Steve pun bertambah. Tahun itu juga Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik produk sebelumnya.

Karena terus berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Pada 1993, Steve menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer. Pada tahun itu juga, Apple mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya sangat maju pada era itu.

Pada tahun 1984, menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Kesuksesan Macintosh membuat Apple Inc. menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac. yang bertahan sampai saat ini.

Pada 1985, Jobs keluar dari Apple Inc. karena masalah Intern pada perusahaan itu. Setelah keluar dari Apple Inc.  Dia mendirikan perusahaan komputer yang bernama NeXT Computer. sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis.

Pada tahun 1986, Jobs membeli divisi grafis komputer Lucasfilm yang namanya menjadi pixar disini jobs menjadi chairman and chief executive officer, Perusahaan baru ini,  awalnya ditujukan sebagai pengembang perangkat keras grafis canggih. Setelah bertahun-tahun gagal menjual Pixar Image Computer (PIC), perusahaan ini dikontrak oleh Disney untuk memproduksi sejumlah film fitur animasi komputer yang kelak didanai bersama dan didistribusikan oleh Disney.

Film pertama yang diproduksi sebagai hasil kerja sama ini, yaitu Toy Story, membawa ketenaran dan pujian kritikus kepada studio ini ketika dirilis tahun 1995. Lebih dari satu dasawarsa selanjutnya, di bawah pimpinan kreatif Pixar John Lasseter,

Tahun 1996, Apple mengumumkan bahwa mereka membeli NeXT , sehingga membawa Jobs kembali ke perusahaan Apple. Jobs menjadi kepala de facto setelah CEO Gil Amelio diturunkan bulan Juli. Ia secara formal menjabat sebagai pimpinan eksekutif interim pada September 1997.Pada bulan Maret 1998, demi mengonsentrasikan usaha Apple untuk mendapat laba, Jobs menghentikan sejumlah proyek, seperti Newton, Cyberdog, dan OpenDoc. Dalam bulan-bulan selanjutnya, banyak karyawan yang khawatir bertemu langsung Jobs di dalam lift, "takut bahwa mereka kehilangan pekerjaan ketika pintu dibuka. Kenyataannya adalah bahwa eksekusi kilat Jobs jarang terjadi, namun beberapa korban sudah cukup untuk meneror seluruh perusahaan. Jobs juga mengubah program lisensi untuk tiruan Macintosh, sehingga para pembuat komputer harus mengeluarkan biaya mahal untuk terus memproduksi barang.

Melalui pembelian NeXT, sebagian teknologi perusahaan ini masuk dalam produk-produk Apple, terutama 
NeXTSTEP yang kemudian berubah menjadi Mac OS X. Di bawah arahan Jobs, perusahaan ini meningkatkan penjualannya dengan pesat melalui pengenalan iMac dan produk-produk baru lain; sejak itu, desain menarik dan merek yang kuat telah berjalan dengan baik untuk Apple. Pada Macworld Expo 2000, Jobs secara resmi menghapus embel-embel "interim" dari gelar jabatannya di Apple dan menjadi CEO permanen.

Dalam beberapa tahun kemdian, perusahaan ini mulai bercabang, memperkenalkan dan memperbarui peralatan digital lain. Melalui pengenalan pemutar musik portabel iPod, perangkat lunak musik digital iTunes, dan iTunes Store, perusahaan ini merambah bidang elektronik konsumen dan distribusi musik. Tahun 2007, Apple memasuki bisnis telepon seluler melalui pengenalan iPhone, sebuah telepon seluler dengan tampilan multi-sentuh yang juga memiliki fitur iPod dan, dengan peramban web bergeraknya sendiri, berhasil mengubah dunia peramban web bergerak. Dengan terus mendorong inovasi, Jobs juga mengingatkan karyawannya bahwa "seniman sejati mengirimkan karyanya", yang berarti bahwa mengirimkan produk pada waktunya sama pentingnya seperti inovasi dan desain menarik.

Bulan Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple. Ia akan tetap menjabat di perusahaan ini sebagai ketua dewan perusahaan, pengunduran diri ini menyababkan turunya saham Apple, dampak negatif tidak hanya di Apple, namun juga di Walt Disney Company tempat Jobs menjabat sebagai direktur. Dalam perdagangan pasca penutupan pada hari pengumuman tersebut, saham Walt Disney Co. (DIS) turun.

Pada 5 Oktober 2011, Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun setelah 7 tahun bertarung dengan kanker pankreas. Jobs meninggalkan Laurene, istrinya selama 20 tahun dan 3 anak mereka. Pemakaman Jobs dilakukan secara tertutup pada 7 Oktober 2011.

Kematian Steve Jobs mendapat reaksi dari seluruh dunia sebagai salah satu kehilangan yang sangat besar bagi mereka. Prinsip dan pola pikir Steve Jobs telah menjadi panutan bagi petinggi perusahaan-perusahaan di dunia karena kesuksesannya. Selain itu, cara Steve Jobs dalam membuat suatu inovasi juga menjadi patokan bagi seluruh perusahaan besar dalam merancang sesuatu, yang tidak hanya harus berfungsi dengan baik, namun juga memiliki nilai desain yang menarik. Semoga artikel ini  dapat bermanfaat bagi Teman-teman.


Sumber Referensi : 

https://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs
http://www.gadgetgaul.com/biografi-steve-jobs.html
http://selebritiprofil.blogspot.co.id/2012/02/biografi-lengkap-steve-jobs.html
https://wihdah1234.wordpress.com/2012/05/26/biografi-singkat-steve-jobs/
http://pencurilink.blogspot.co.id/2013/02/steve-jobs-biography-founder-of-apple.html

Sumber Foto :

https://static.independent.co.uk/s3fs-public/thumbnails/image/2015/09/06/15/stevejobs.jpg


Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment:

  1. Thanks infonya. Oiya selain Steve Jobs, CEO Apple Tim Cook ternyata juga punya tips ampuh dan sederhana loh yang bisa diterapkan untuk bisa meraih kesuksesan. Temen-temen bisa cek rahasianya di sini: Tips sukses CEO Apple

    ReplyDelete