Monday, March 20, 2017

Algoritma Hummingbird


Halo teman-teman, bagaimana kabar teman-teman semua? Mudah-mudahan sehat selalu. Pada hari ini untuk mengisi waktu luang, saya ingin memberikan informasi seputar teknologi yaitu Algoritma Hummingbird. Mungkin teman-teman bertanya apa sih Algoritma Hummingbird itu? Sebelum penjelasanya mungkin teman-teman pernah bertanya-tanya, mengapa saat kita mencari sesuatu di Google, Google memberikan informasi yang akurat? Nahh, pencarian yang akurat oleh Google ini adalah berkat Algoritma Hummingbird. Pasti teman-teman penasaran, bagaimana kerja dari Algoritma Hummingbird ini? Apa tujuanya dibuat? Untuk menjawab pertnyaan-pertanyaan tersebut, mari kita simak artikel tentang Algoritma Hummingbird berikut ini.


Pengertian Algoritma Hummingbird

Algoritma Hummingbird adalah sebuah sistem yang berguna untuk mengatur semua website pada google untuk mendapatkan pencaharian yang sesuai dengan cepat dan akurat yang akan ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page) atau halaman pencaharian. Google memilih nama Humming Bird atau burung kolibri, karena burung kolibri terkenal akan kecepatanya dan keakuratanya pada saat terbang yang menyatakan bahwa algoritma ini memiliki sistem pencaharian yang sangat cepat dan akurat. 


Algoritma Hummingbird dirilis

Algoritma Hummingbird ini mulai digunakan pada tanggal 30 Agustus 2013 dan baru diumumkan peluncuran algoritma ini pada bulan 27 September 2013 yang bertepatan dengan hari jadinya google yang ke-15. Alasan google tidak langsung melakukan peluncuran tetapi menggunakannya terlebih dahulu karena google merasa jika berita ini langsung di terbitkan maka pasti banyak yang mempro dan kontra update algoritma ini.


Sebelum adanya Algoritma Hummingbird, Google masih dapat melakukan pencarian dengan algoritma lain yang dinamakan Algoritma Panda, Algoritma Penguin, dan algoritma pertamanya, yakni Algoritma Kafein. Algoritma Hummingbird ini merupakan update-an dari algoritma-algoritma yang telah diciptakan Google sebelumnya, jadi Algoritma Hummingbird tidak sepenuhnya  memiliki sistem yang baru, melainkan beberapa sistemnya masih memiliki sistem seperti pada Algoritma Penguin dan Algoritma Panda.



Logo Algoritma Penguin


Logo Algoritma Panda

Tujuan di Luncurkanya Algoritma Hummingbird

Tujuan dari diluncurkan Algoritma Hummingbird ialah Google ingin lebih memahami permintaan pengguna saat melakukan pencaharian dengan memperhatikan seluruh kalimat yang dicari bukan per kata, nah inilah yang membuat algortima hummingbird ini dikatakan SEO (Search Engine Optimization) yang lebih manusawi dan adapun alasan lain bahwa tujuan Google melakukan perubahan algoritma ini diperlukan agar pencarian Google Voice menjadi lebih efektif dan akurat, contohnya, seperti saat kita melakukan pencaharian  "Dimana letak restoran paling enak di Jakarta?”. Jika sebelum update-an algoritma, kemungkinan Google akan mencari dengan kata kunci "restoran", "enak", dan "Jakarta", sehingga hasil pencarian hanya ditemukan yang terdapat kata kuncinya saja, jika tidak ada maka akan muncul pemberitahuan. Nah, dengan adanya Algoritma Hummingbird ini Google mampu memberikan hasil pencarian yang berelasi kuat dengan sebuah kata kunci tersebut maka hasil pencarianya bisa menjadi sebuah "restoran"  ataupun "tempat nongkrong", jadi Google seolah olah mengetahui tempat-tempat yang enak dikunjungi.


Tips Untuk para Blogger dalam mengahadapi Algoritma Hummingbird

Algoritma Hummingbird memiliki sebua sistem perankingan sebuah blog yang dimana google menyeleksi blog mana yang harus memiliki ranking tertinggi atau pada halaman 1 dari hasil pencaharian. Jika sebuah blog terdapat di ranking paling rendah atau bahkan tidak ada di hasil pencaharian maka blog teman-teman terkena sebuah penalti dari google meskipun aturan ini sudah ada pada algoritma panda. Nah, ada beberapa tips untuk mengahadapi sistem ini adalah :
  • Artikel dibuat dengan karya sendiri atau jangan terlalu banyak copy-paste dari blog lain,
  • Jangan membuat artikel dengan penumpukan kata kunci,
  • Mengecek lagi artikel yang di tulis jika ada salah ketik atau typo,
  • Terdapat hal-hal yang menarik di dalam artikel yang dibuat,
  • Buatlah artikel yang jarang diketahui orang, dan
  • Buatlah blog dengan halaman yang menarik
Dengan begitu Google bisa saja menambahkan penilaian agar blog kita memiliki peringkat yang lumayan dan terhindar dari penalti.  

Google terus mencoba untuk menjadi SEO (Search Engine Optimization) yang lebih baik, semoga Google bisa memberikan inovasi-inovasi lainya untuk kehidupan kita. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan kepada teman-teman, sekian dari saya semoga bermanfaat.



Sumber referensi:
http://blog.kangismet.net/2013/10/seputar-algoritma-hummingbird-google.html
https://bukainfo.com/perubahan-algoritma-google-panda-penguin-dan-hummingbird/
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Hummingbird
http://www.ficripebriyana.com/2014/01/apa-yang-dimaksud-algoritma-hummingbird.html
http://trikmudahseo.blogspot.com/2016/04/algoritma-google-panda-penguin-hummingbird.html
https://www.dewaweb.com/hummingbird-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-algoritma-google-ini/

Sumber foto:
http://www.klikseo.com/wp-content/uploads/2013/10/Alogaritma-Google-Humming-Bird.jpg
https://i1.wp.com/suhardimunir.web.id/wp-content/uploads/2016/11/panda.png?resize=557%2C290&ssl=1
https://www.seon.co.id/wp-content/uploads/2017/02/Apa-itu-Algoritma-Google-Jenis-dan-Tips-Algoritma-Google-2.jpg
Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. Betul itu mas, dengan berkembangnya teknologi dan algoritma Google, keknya si mbah semakin pintar dalam menerka kata kunci yang kita tuliskan di halamannya.

    ReplyDelete