Friday, December 30, 2016

Fakta-fakta Indonesia di Dunia Internasional





Halo teman-teman sekalian, maaf jarang post nih, soalnya kemarin ada kesibukan lain, hehehe. Langsung saja ke topik, hari ini saya akan memberitempe eh memberitahu beberapa fakta Indonesia di dunia internasional. Wah, mendengarnya saja sudah membuat kita memiliki gambaran tentang banyaknya prestasi Negara Republik Indonesia di kancah dunia. Maka dari itu jika teman-teman adalah warga negara Indonesia harus bangga dengan prestasi-prestasinya ataupun karya-karyanya, meskipun ada beberapa kekurangan atau keburukan yang masih melekat di tanah air kita. Ada banyak alasan mengapa kita harus berbangga diri menjadi warga Negara Republik Indonesia. Bagi teman-teman yang masih malu menjadi warga Negara Republik Indonesia wajib baca artikel ini sampai selesai.


1. Anime Charlotte Dikerjakan di Studio Animasi Yogyakarta dan Jakarta

Bagi teman-teman yang suka anime pasti tau  dengan anime ini. Anime ini berjudul Charlotte. Anime ini sangat bagus, baik dari segi cerita maupun karakternya sangat memukau para penggemar anime. Cerita dari anime ini membuat saya sedih menontonya. Akan tetapi dibalik itu ada sesuatu yang sangat spesial, yaitu anime ini bekerja sama dengan studio Animasu Yogyakarta dan Jakarta. Jika teman-teman melihat pada bagian ending-nya (episode 10) akan terlihat gambar seperti berikut,


Charlotte's Ending


Selain mengerjakan Charlotte, Creators in Pack Yogyakarta dan Jakarta juga pernah membantu penggarapan beberapa judul anime lain. Dua di antaranya adalah Gangsta dan juga Grisaia no Kajitsu. Kebanyakan, studio tersebut melakukan tugas dalam pewarnaan. Bravo Indonesia!


2. Seragam (Jersey) Manchester United dibuat di Tanggerang

Yup, Manchester United merupakan klub bola asal Inggris yang sangat terkenal. Siapa sangka di balik permainannya yang cemerlang, klub yang dijuluki The Red Devil ini memakai seragam/jersey yang dibuat di Indonesia. Wow, sungguh menakjubkan!


Seragam Manchester United



 3. Indofood Merupakan Produsen Mie Instan Terbesar di Dunia

Mie instan asal Indonesia atau Indomie ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luar negeri dan tedapat banyak iklan indomie di negara lain, tapi ingat teman-teman jangan terlalu banyak makan mie karena mie merupakan salah satu penyebab penyakit usus buntu.


Indomie





4. Rafflesia Arnoldi Merupakan Bunga Terbesar dan Terkenal di Dunia

Bunga Rafflesia Arnoldi ini bukan hanya sebagai bunga terbesar di dunia, akan tetapi bunga ini juga sangat terkenal. Sampai-sampai ada di salah satu episode Naruto. Keren dah!



Bunga Rafflesia Arnodi di salah satu
episode Naruto


5. Mobil Mercedes Benz menggunakan knalpot buatan Indonesia

Mobil Mercedez Benz merupakan mobil buatan Jerman. Mobil ini juga sudah banyak digunakan di Indonesia karena bentuknya, mesin, maupun interiornya yang menarik. Ada fakta yang sangat membanggakan dibalik kehebatan mobil ini, yaitu terselip knalpot buatan indonesia yang sebenuhnya dikerjakan di Purbalingga, Jawa Tengah. Indonesia bisa berkarya teman!


Knalpot Mobil Marcedes Benz
yang dibuat di Indonesia


7. Di Indonesia terdapat Binatang Purba yang Masih Hidup, yaitu Komodo

Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Komodo hanya terdapat di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Panjangnya biasanya mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Komodo juga merupakan reptil purba yang sangat ganas dan dapat melumpuhkan lawanya dengan air liurnya yang mematikan.


Komodo

8. Indonesia Memiliki Spesies Ikan Hiu Terbanyak di dunia yaitu Sebanyak 150 Spesies

Walaupun Indonesia memiliki spesies ikan hiu yang terbanyak di dunia, tetapi teman-teman jangan takut untuk pergi ke pantai, karena tercatat jarang terjadinya serangan hiu di Indonesia.


Jenis-jenis Hiu

9. Indonesia Adalah Penghasil Gas Alam Cair (LNG) Terbesar di Dunia

Manfaat dari Gas alam adalah sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap, bahan kendaraan bermotor, sebagai gas kota untuk restoran/hotel, dan bahan baku pupuk. Ingat, jangan terlalu boros dalam menggunakan SDA yang tidak dapat diperbaruhi! Maka dari itu gunakanlah dengan bijak!


Tempat pertambangan gas alam cair


10. Indonesia Merupakan Negara yang Memiliki Terumbu Karang (Coral Reef) yang Terbanyak di Dunia dan Indonesia Memiliki Sekitar 18% dari Total Terumbu Karang di Dunia

Terumbu karang sangatlah penting bagi ekosistem laut, karena terumbu karang menjadi habitat satwa laut, dan terumbu karang merupakan harta laut yang memberikan keindahan yang memuaskan. Akan tetapi banyak orang yang tidak menjaga keindahan terumbu karang, alhasil ekosistem laut lama kelamaan akan rusak. Jadi mulai sekarang, ada baiknya kita lebih perhatian dengan keadaan ekosistem di alam, baik di darat, maupun di laut.

Terumbu Karang

11. Letusan Gunung Terdasyat Terjadi di Indonesia

Pada tahun 1815, Indonesia mengguncang seluruh belahan dunia akibat terjadi nya letusan gunung yang sangat dasyat, yaitu gunung tanbora. Gunung ini terletak di Kepulauan Sunda dan letusan ini memakan banyak korban jiwa.


Gunung Tanbora


12.  Tokoh Indonesia yang Menjadi Sampul Majalah Time

Time adalah sebuah majalah yang berisikan berita mingguan di Negara Amerika Serikat. Bayangkan saja, ada beberapa tokoh dan penyanyi dari Indonesia yang menjadi cover majalah Time, tokoh  dan penyanyi tersebut ialah Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, Jokowi dan Iwan Fals. Sangat membanggakan bukan?


Tokoh-tokoh dan penyanyi Indonesia
di sampul majalah Time



13. Sepatu Adidas Bekerja Sama dengan Salah Satu Perusahaan Sepatu Indonesia dan Merupakan Satu-Satunya Perusahaan Sepatu yang dipercaya Oleh Adidas untuk Memproduksi Football Shoes di Seluruh Dunia

Adidas merupakan brand olahraga yang terkenal di seluruh dunia. Para atlet olahraga banyak yang menggunakan brand ini, termasuk atlet olahraga sepak bola. Namun siapa sangka, football shoes buatan Adidas ini diproduksi dari hasil kerja sama dengan salah satu perusahaan sepatu di Indonesia.


Sepatu Adidas



14. Animator Indonesia yang Bekerja di Perusahaan Terkenal

Animator adalah pekerjaan membuat sebuah animasi di dalam sebuah film, seperti efek animasi pada film The Avengers, Transformers, Monster Inc., Upin dan Ipin, dan film animasi lainnya. Ternyata dibalik kehebatan film tersebut juga terdapat animator dari Indonesia, seperti  Andre Surya, Griselda Sastrawinata, Marsha Chikita Fawzi , Christiawan Lie, Rini Triyani Sugianto, Michael Reynold Tagore, dan Ronny Gani.


Para Animator Indonesia yang
telah terbang di kancah internasional


15. Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Pada tanggal 15 Mei 2014, Indonesia merilis game horor yang digarap oleh PT Digital Semantika Indonesia, yakni game Dreadout. Bagi teman-teman gamers pasti tau dengan game horor yang satu ini. Yup, game ini juga telah dimainkan oleh beberapa gamers dari seluruh dunia, salah satu contohnya youtubers terkenal, Pewdiepie juga memainkan game ini.


Cover Game Dreadout

16.  Brand Internasional Gucci Menggunakan Kain Tenun Asli Indonesia sebagai Bahan Bakunya

Gucci merupakan perusahaan peragam busana yang berasal dari Italia. Perusahaan ini didirikan oleh Guccio Gucci di Firenze, Italia. Brand Gucci ini sudah sangat terkenal dengan bahanya yang lembut dan ternyata bahannya itu terbuat dari Indonesia.


Logo Gucci



17. Pabrik/manufaktur Mattel (Boneka Barbie USA) Hanya Ada 2 di Dunia dan Salah Satunya di Indonesia

Pabrik Mattel adalah pabrik yang membuat berbagai mainan, seperti hotwheels, Barbie, dan lain-lain. Perusahaan ini mempercayai pembuatan salah satu mainannya yang terkenal, yakni Barbie di 2 negara yaitu China dan di Indonesia (tepatnya di PT Mattel Indonesia di Cikarang, Jawa Barat).


Barbie


18. Air Bridge Pertama Kali dibuat di Indonesia

Air Bridge adalah tangga belalai menuju pintu pesawat yang digunakan oleh bandara-bandara di seluruh dunia. Rupanya Air Bridge pertama kali dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
.

Air Bridge


19. Tas Buatan Indonesia yang Mendunia

Indonesia membuat sebuah tas yang bernama Bagteria. Tas ini memang jarang kita ketahui, karena tas ini harganya bikin garuk-garuk kepala. Bagteria juga telah dijajakan di berbagai etalase di mall-mall kelas atas di 32 negara di seluruh penjuru dunia. Bahkan beberapa public figure dunia mengenakan produk ini, antara lain Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou.




Bagteria


20. Indonesia Menempati Peringkat 1 dan 2 dalam Produksi Hasil Pertanian

Adapun hasil produksi pertanian dan perkebunan Indonesia yang menempati peringkat pertama itu sendiri ialah cengkeh (cloves) dan pala (nutmeg), serta peringkat kedua adalah karet alam (natural rubber) dan minyak sawit mentah (crude palm oil).


Hasil pertanian Indonesia
yang menempati peringkat 1 dan 2


"Aku bangga menjadi anak Indonesia" merupakan kata yang cocok untuk kita ucapkan, karena bukan hanya yang ditulis ini saja tetapi masih banyak fakta- fakta lain yang belum di tulis dalam artikel ini. Semoga Negara Republik Indonesia semakin berganti tahun semakin memiliki lebih banyak segudang prestasi di kancah internasional. Amiinn.

Meskipun demikian jika kita tidak merawat, melestarikan, membuat inovasi, dan sadar dengan kekayaan dan keanekaragaman ini, jangan harap NKRI bisa di jaga dari sabang sampai merauke, dari miangas sampai rote. Hanya orang-orang yang memaksakan kehendak dan menutup dirilah (tidak mencintai keberagaman) yang akan tertawa di atas disintegrasi bangsa. Tidak ada NII, Tidak ada RMS, Tidak ada Papua Merdeka, yang ada hanya NKRI di bawah Pancasila dan UUD 1945. Semoga yang saya tulis memiliki banyak manfaat dan memberikan rasa cinta kita pada tanah air, Terima Kasih.




Sumber :

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/981696/big/077945500_1441714742-charlotte-11896061_831794036940335_7842489196477098384_n.jpg
https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/07/17/400976/670x335/markas-pembuat-kostum-manchester-united-ada-di-tangerang.jpg
http://ketahui.com/images/indomie.jpg
http://s6.postimg.org/xziz5b8lt/20_Anime_Yang_Mengandung_Unsur_Indonesia_20.jpg
https://montir.files.wordpress.com/2010/01/img_12301.jpg
http://www.livescience.com/images/i/000/037/095/original/komodo-dragon.jpg?interpolation=lanczos-none&downsize=*:1000
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1O9ljjom8xXcaHS5AAmszVuPmY5v9BAc9AwV20FeU43QgME1-znFjdvi1Ytpgrvjh3RGqu9wwCsHKzPofW7x7_pEh9JgvLeP2i_p3iC_Ox2374jLHOkK0szBtrgz9dmnYI9AoAfl7GFFh/s1600/Spesies+Hiu+%E2%80%93+7+Fakta+Unik+Indonesia+yang+Mendunia.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-ljPk8GoBv0s/UMfI64g3xHI/AAAAAAAAQYw/HdDTAY6mzew/s1600/2012-12-12_065931.jpg
http://liputanislam.com/wp-content/uploads/2014/10/time-all.jpg
https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/06/23/67455/750xauto-7-animator-indonesia-yanga-mendunia-bikin-bangga-deh-160623g.jpg
http://www.dw.com/image/18121114_303.jpg
http://static4.gamespot.com/uploads/scale_medium/mig/0/1/0/4/2230104-dreadout_cover_.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-H5xGfhnT8W0/WGZcP4pWspI/AAAAAAAAAGU/6RudoQT09cI5xhnXc6iU-HCGwnMWkadzgCLcB/s1600/img_12301.jpg
http://beritabaik.web.id/wp-content/uploads/2014/01/bagteria01.jpg
http://irwan.web.id/images/gallery/photo/tmp/630x400/20110513221539_937_airbridge-pertama-dibuat-indonesia.jpg
https://zulkifli19.files.wordpress.com/2012/02/gucci.png
http://cdn.kaskus.com/images/2013/08/01/5710086_20130801103418.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOQchzTbvxq6q76V2EV0Z9nW_dn7O2j1uvCF_B-SAYQnTbaYb-Q-GFJdzwu5wmaU5LFg5rPmxon5Bih3DJhqad_lDZZa-OAgJyJ4E6hgJY-hOKpmGZPVWCYjqwgeSJSEsBx7i1t2gFoXL5/s1600/barbie.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmEwxl2HgZU2Rww3UrEeVt032hBWtSrJbtdNVpUmWNi_GNZG453qkyBfVdj6lI1w3AaDSuZ_v7O96sTEbYlRrLkuI50cK3TJshwvDu7JigzcsSuC4bQTodFSiWtHMTVAOZXJIkocOgFcxo/s1600/Adidas_Dragon_Black.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjki5lKewNZEPXJ5HLvztXhEbEcTfXnW0339szXnS034FjiIvscA_dCDYMi-dMcx97_hiHCRIXGAQVkgfZxFZJoNibHdDundQFpow_FQO8ZTW7eGLgG8Xi56DR5WDUDQ0ho5OVMj8-j_g4/s1600/12.png
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/52/Rotjan_-_Enderbury_Day_1_-_2nd_half_(62).JPG/300px-Rotjan_-_Enderbury_Day_1_-_2nd_half_(62).JPG
https://www.facebook.com/notes/fauzi-abdillah/50-fakta-tentang-keistimewaan-indonesia-di-mata-internasional/442966722382167/
http://www.indonesia.travel/img/logo/logo.png
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: