Thursday, August 10, 2017

Apa itu Server?

Halo teman-teman semua. Pada hari saya ingin memberikan sebuah informasi seputar teknologi di dunia yaitu tentang server. Apakah teman-teman pernah bermain game online seperti point blank lalu saat memulai muncul server mana yang ingin kita masuki. Mungkin teman-teman bertanya-tanya Apa sih server-server ini. Kalau begitu mari kita simak artikel berikut ini.

Server atau Peladen (Bahasa Indonesia dari Server) merupakan sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer, jaringan komputer ini merupakan jaringan telekomunikasi yang menghubungkan komputer dengan server dengan cara bertukar data. Dalam menjalankan tugasnya, satu server saja dapat menjalankan banyak jaringan komputer dan juga sebuah jaringan komputer dapat menggunkan banyak server. 

Dalam menjalanan sebuah server diperlukan prosesor yang scalable yang berarti prosesor tersebut dapat mengatur banyak sekali data-data, selain prosesor, server juga membutuhkan ram yang besar dalam menjalankan layananya, dikarenakan ram adalah random access memory yang berarti ram ini digunakan untuk mengakses data-data, maka dari itu karena server mengolah banyak data dari jaringan komputer maka dibutuhkan banyak ram agar dapat mengakses data-data tersebut. 

Dalam penggunaan sever juga dibutuhkan sistem operasi untuk mengontrol server tersebut, nah, contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. 

Jenis-jenis Server
  adapun jenis-jenis server yang mungkin sering kita temui dalam menggunkan internet, setiap server memiliki fungsi atau layanan masing masing yaitu sebagai berikut:

1. File Server 
File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data – data yang dimiliki oleh sejumlah pengguna. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD (Hard Disk Drive) yang dimiliki oleh server tersebut.

2. Database server
Database server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. salah satu contohnya adalah  MySQL atau Microsoft SQL Server yang sangat  bergantung kepada server untuk mengakses basis datanya.

3. Print Server
Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi pengguna. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer. 

4. Administration and Management server
Server ini mengatur tentang login dan sing up pada jaringan internet.

5. Web server
Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pengguna yang terhubung dalam jaringan internet dan memberikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web server menggunakan port 80 yanga.
Berikut jenis-jenis Web server:
1. Apache Web server – the HTTP web server
2. Apache Tomcat
3. Microsoft Windows server 2003 Internet Information Service (IIS)
4. Light HTTP
5. Jigsaw
6. Sun java system web server
7. Xitami web server
8. Zerus web server 

6. Game Server
Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer pengguna yang bermain game tersebut.

7. Server Aplikasi
Aplikasi server adalah jenis middleware yang menghubungkan database server dan pengguna app .

8. Mail Server
Mail server membantu dalam bergerak dan menyimpan e -mail melalui jaringan melalui LAN dan WAN atau di Internet .

9. DNS Server
DNS server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Oleh sebab itu jika kita tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, maka kita akan kesulitan untuk membuka situs seperti Google, karena alamat google tersebut harus diterjemahkan dulu ke dalam bentuk IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server google tersebut.. Sedangkan alamat IP server dns belum ditentukan oleh kita. 
   
10. FTP Server
Ini adalah salah satu yang tertua dari layanan Internet yang tersedia . FTP atau File Transfer Protocol memungkinkan pengguna untuk aman mentransfer satu atau lebih file dari berbagai ukuran antara dua komputer .

 Jadi server ini memiliki peran penting dalam perkembangan dunia pada bidang teknologi, sekarang sudah banyak perushaan yang mepunyai servernya sendiri untuk keperluan kerja. Maka dari itu tidak  salahnya kita belajar untuk mengetahui sebenarnya apa itu server. Akhir kata saya mohon maaf jika artikel tersebut ada yang kurang dipahami atau salah kata, kami persilahkan untuk memberi saran, sanggahan, maupun pertanyaan pada kolom komentar. 




Sumber Materi :

http://januriawan.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-server-dan-macamtipenya.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Server_(computing)
https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen

Sumber Foto:

Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: