Saturday, March 18, 2017

Mengenal Operating System


Hai, apa kabar teman-teman semua? Ada kabar gembira untuk kita semua. Tevort hadir ingin memberikan sebuah informasi, yaitu tentang Operating System (OS). Mungkin teman-teman sering mendengar, membaca, ataupun berdiskusi tentang Windows 7, 8, 10 ataupun Mac OS, yup, itu salah satu contoh dari Operating System pada komputer. Akan tetapi, bukan hanya komputer saja yang memiliki Operating System, melainkan juga ada pada smartphone. Hmm, sebenarnya apa sih kegunaan Operating System? Operating System itu perangkat apa ya? Kalau begitu, yuk kita simak artikel berikut ini!


Pengertian Operating System


Operating System atau yang biasanya disingkat OS adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur atau mengkontrol perangkat keras (hardware), salah satu contohnya OS inilah yang mengirim perintah pada keyboard ke layar. OS juga memiliki tugas untuk menjalankan program yang ada, misalkan ada sebuah program atau aplikasi yang hanya kompatibel pada OS Windows, maka tidak bisa dijalankan dengan OS yang lain.

Alur dari Operating System

Apakah Operating System Sangat diperlukan pada Sebuah Perangkat?

Tentu saja Operating System sangat diperlukan. Tanpa adanya OS, maka sebuah perangkat tidak dapat digunakan, tetapi teman-teman bisa menjalankannya asalkan dengan cara booting, tetapi cara ini tidak memuat sistem operasi secara lengkap, karena hanya beberapa program saja yang bisa dijalankan. 

Umunya Operating System dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
  • Mekanisme boot adalah meletakkan kernel ke dalam memori
  • Kernel yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas dalam membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh apliaksi lain 
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Fungsi dari Operating System

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat dikatakan sistem operasi memiliki peran yang sangat penting dan vital dalam komputer. Peran dan fungsi sistem operasi adalah sebagai berikut.

1. Menjalankan operasi dasar

Fungsi utama dari OS adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini dinilai sebagai komponen vital yang mendasari kerja perangkat lunak atau software lainnya. Sebelum aplikasi berjalan dan dapat berfungsi pada suatu komputer, maka sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersebut dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau user yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengatur kerja hardware dan software

Bisa dikatakan bahwa sistem operasi adalah Resource Manager dalam perangkat komputer. Maksudnya, sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras tersebut.

3. Wadah program atau aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang ada dikomputer memang tersimpan dalam perangkat penyimpanan akan tetapi sebenarnya aplikasi atau program tersebut berada dalam wadah yang merupakan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi tersebut. Secara analogi, OS adalah suatu lantai dimana suatu barang diletakkan agar barang tersebut dapat digunakan misalnya sebuah meja yang diletakkan diatas lantai, meja tidak dapat berfungsi jika tidak ada lantai yang mendasarinya bukan?

4. Menyajikan tampilan

Tampilan yang kita lihat dilayar komputer maupun gadget adalah hasil dari pengoperasian OS atau sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkannya pada monitor layar komputer atau menterjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafis dan tampilan lainnya yang mudah dimengerti.

Sistem operasi juga berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara pengguna dengan perangkat keras yang digunakannya.

5. Mengkoordinasi kerja perangkat komputer

Selain mengatur perangkat keras dan perangkat lunak agar terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi mengkoordinasikan segala hal didalam komputer terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan lebih efisien.

6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau OS adalah mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya dalam hal mengatur waktu berfungsinya CPU, pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk, ataupun mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.

7. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program


Sistem operasi memungkinkan user yang memiliki hak untuk mengakses komputer menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut atau yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper. Tidak hanya mengendalikan user dalam mengakses sistem atau program, sistem operasi juga mengawasi segala hal yang dilakukan user dalam mengakses sistem program dalam komputer.



Apa yang Harus dilakukan jika  Sebuah Komputer Tidak Memiliki OS?

Selain komputer di-reboot bisa juga dengan cara meng-install sebuah Operating System sesuai dengan system yang di support dari komputer tersebut. Lalu OS bisa di-install dengan cara membelinya atau dengan bajakan, hehehe. 


Contoh Operating System


1. Mac OS

Mac OS atau Machintosh Operating System sistem operasi yang dibuat oleh Apple Inc. Mac OS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. 
Logo Mac OS

Contoh Tampilan layar Mac OS


2. Microsoft Windows

Microsoft Windows merupakan Operating System adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Sistem ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983. Windows memiliki banyak sekali versi seperti Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10. 


Logo Microsoft Windows

Contoh tampilan Windows 10


3. Linux

Linux adalah salah satu Operating System yang Open Source. Jadi, OS ini terbuka bagi siapapun untuk memilikinya tanpa harus bayar atau gratis. Linux pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983.

Logo Linux

Contoh Tampilan Linux

Jadi, itulah isi artikel pada hari ini, yakni tentang Operating System, dan silahkan beri komentar dibawah. Operating System apakah yang kamu favoritkan? Silahkan bertanya di kolom komentar jika masih ada yang belum jelas? Semoga bermanfaat.




Sumber Refernsi :
http://techno.khedisfile.com/2015/08/11/keuntungan-dan-kerugian-laptop-os-dan-non-os/
http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-sistem-operasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

Sumber foto :

https://www.smartzworld.com/notes/wp-content/uploads/sites/6/2015/05/OperatingSystem-min.jpg
https://dri1.img.digitalrivercontent.net/Storefront/Company/msintl/images/English/en-INTL-Windows-10-Home-KW9-00265/en-INTL-L-Windows-10-Home-KW9-00265-RM2-mnco.jpg
https://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--1AY35AMj--/snyjc464ytfva3jxlukc.jpg
http://vignette4.wikia.nocookie.net/uncyclopedia/images/b/bb/Xplogo.jpg/revision/latest?cb=20140331164120
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/82/Snow_Leopard_Desktop.png
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=0ahUKEwiJtKTPx-DSAhVIK48KHTV9BgUQjBwIBA&url=https%3A%2F%2Flh6.googleusercontent.com%2Fproxy%2FL6JwAM2VxyOiOzbbgyvC62tPbMD-WXZ_hLkSuIGcegNGz5AM_kGm9L5BgfBg0q1sShdU0dKTYPmzuue5gO51dsl1poq3SZ50fpwO2zUJ3KoyDSvv0Q4QzR93JEXFvqvn_Fr7nPigLg%3Ds0-d&psig=AFQjCNHT3eD7WyKuccFAev5vBz58FVqR3g&ust=1489943876610371
https://assets.pcmag.com/media/images/507988-linux-fedora.jpg?thumb=y&width=740&height=416
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e1/Operating_system_placement.svg/165px-Operating_system_placement.svg.png


Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: