Tuesday, March 14, 2017

Apa itu Startup?




Hai teman-teman. Tidak bosan-bosan kami ingin memberikan berbagai informasi untuk bertemu dengan teman-teman. Hmm, akhir-akhir ini di Indonesia sedang maraknya sebuah aplikasi-aplikasi seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan aplikasi lokal lainya. Ternyata aplikasi-aplikasi itu dibuat oleh sebuah Startup, namun mereka telah berkembang menjadi Unicorn. Nah, sebelumnya apakah teman-teman sudah mengetahui, apa itu Startup? Kemudian, seperti apakah mereka bekerja? Teman-teman penasaran? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak artikel berikut ini!
Istilah Startup sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.
Saat ini istilah Startup lebih banyak digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Kenapa itu bisa terjadi? 

Kembali melihat ke belakang ternyata hal tersebut terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai populer secara internasional pada masa buble dot-com, lalu apa lagi buble dot-com itu? Fenomena buble dot-com adalah fenomena yang terjadi pada tahun 1998-2000, yakni banyaknya perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.
Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Kemudian pada saat itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Adapun beberapa karakteristik dari sebuah startup ialah:
  1. Tidak adanya jam kerja reguler.​
  2. Startup dapat kerja meskipun tanpa adanya kantor.​
  3. Startup tidak memiliki staf yang berisikan orang-orang yang bekerja untuk mendapatkan gaji, tetapi orang-orang yang membawa ide bisnis untuk menjadi kenyataan yang menguntungkan.​
  4. startup condong bergerak dibidang teknologi, website dan hal yang berbaur internet.
  5. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun.
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  7. pegawai yang dimiliki tidak terlalu banyak.

Dari karakteristik tersebut dapat kita ketahui bahwa perusahaan ini sedang mengalami perkembangan dengan berbisnis pada bidang teknologi.

Meskipun Startup merupakan perusahaan yang baru berkembang, Startup juga harus memiliki memiliki struktur organisasi guna mendefinisikan peran dan tanggung jawab setiap individu dalam perusahaan tersebut. Struktur berikut yang biasanya dipakai dalam Startup.

Struktur organisasi di Startup


CEO (Chief Executive Officer)

Pemimpin Startup dan bertindak sebagai perwakilan perusahaan tersebut.

Tanggung jawab CEO meliputi:
  • Merancang dan mengomunikasikan visi perusahaan
  • Memotivasi anggota tim
  • Merekrut anggota tim
  • Meramalkan tren pasar
  • Menguraikan strategi bisnis perusahaan
  • Membangun hubungan dengan investor
  • Mengatur pembiayaan dan anggaran

CTO (Chief Technical Officer)

Orang yang bertanggung jawab pada kualitas akhir, karena ia mengelola tim engineer selama prosesnya. CTO juga penting untuk bertindak sebagai ahli teknologi dan seorang pemimpin.
  • Menyatukan pengembangan produk
  • Memahami perkembangan teknologi saat ini dan pengadopsiannya
  • Mengelola pengembangan produk
CFO (Chief Financial Officer)

Orang yang bertanggung jawab atas pelaporan, penggalangan dana, dan penganggaran. Pada tahap awal sebuah Startup, ia juga bertanggung jawab pada penggajian dan sumber daya manusia.
Tanggung jawab CFO meliputi:
  • Membentuk strategi penggalangan dana
  • Membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia
  • Merumuskan dokumen keuangan
  • Membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO
WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)

Orang yang memiliki peran penting untuk menghasilkan keuntungan.
Tugas-tugas utama dari WP Penjualan adalah:
  • Menghasilkan keuntungan
  • Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
  • Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik

CMO (Chief Marketing Officer)

Orang yang bertanggung jawab mengembangkan strategi pemasaran perusahaan. CMO meliputi kehumasan, riset pasar, dan pencitraan. CMO bertanggung jawab menciptakan “wajah” perusahaan di depan pihak luar.
Tanggung jawab CMO meliputi:
  • Mengembangkan strategi pemasaran
  • Melaksanakan riset pasar
  • Pencitraan
  • Menciptakan kampanye kehumasan
COO (Chief Operating Officer)

Orang yang bertanggung jawab atas operasional internal perusahaan, seperti operasional kantor, karyawan, hingga bisnis.
Tanggung jawab COO meliputi:
  • Mengatur perusahaan
  • Bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan CEO
  • Mengatur bisnis inti
Struktur sebuah Startup tergantung dari tipe dan tahapan perusahaan. apabila sebuah Startup masih dalam tahap awal, semua posisi di atas belum terlalu diperlukan. Karena pada tahap awal, CEO lah yang akan melaksanakan semua tanggung jawab yang dijelaskan di atas. Sedangkan, apabila sebuah Startup sudah berada di tahap menengah ke atas seperti setelah mendapat investasi. Pada tahap tersebut, sebuah Startup biasanya akan lebih gencar merekrut pegawai baru untuk mengembangkan dan memasarkan produk mereka. Pada saat itu, investor juga akan masuk ke dalam perusahaan tersebut sebagai Board of Director atau Dewan Direksi.

Perkembangan Startup ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Kini terdapat 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan internet di indonesia sangat banyak sehingga dapat menciptakan sebuah lahan untuk berbisnis. Inilah beberapa Startup yang berpotensi untuk menjadi perusahaan besar:


1. aCommerce
Logo aCommerce

aCommerce adalah contoh yang tepat untuk sebuah startup yang berpotensi kuat mencapai nilai investasi sembilan digit dollar. Perusahaan ini sendiri sepertinya sudah bisa dibilang sebagai jagoan di bidang logistik e-commerce dan pengadaan. Terbukti dengan keberhasilan mereka menggaet klien besar seperti contohnya Lippo Group, MatahariMall, dan Sinar Mas. aCommerce juga mencetak rekor pendanaan seri A terbesar di Indonesia, dengan nominal $10,7 juta (sekitar Rp144,4 miliar) tahun lalu.


2. HappyFresh
Logo HappyFresh

HappyFresh merupakan startup yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Perusahaan ini membantu pengguna berbelanja kebutuhan bahan pangan dari supermarket lalu dikirimkan langsung ke rumah pembeli.

Perusahaan yang berbasis di Jakarta dan Kuala Lumpur ini berhasil memecahkan rekor pendanaan seri A tahun ini dengan nilai US$ 12 juta, yang berasal dari Vertec Ventures dan Sinar Mas Digital Ventures.



3. Fabelio
Logo Fabelio


Fabelio adalah salah satu Startup dalam daftar ini yang menarik perhatian kami sejak awal kemunculannya. Didirikan oleh entrepreneur lokal Christian Sutardi – yang sebelumnya pernah berafiliasi dengan Hill Ventures dan Rocket Internet – Fabelio mengincar pasar e-commerce lokal untuk komoditas furnitur.

Satu hal yang pasti, pasar e-commerce untuk furnitur masih sangat terbuka di Indonesia. Pasar ini terlihat menggiurkan dengan berkembangnya kelas menengah yang mulai banyak mencari-cari meja kerja ataupun meja makan. Perusahaan riset ritel Conlumino memprediksikan bahwa pasar furnitur di Indonesia akan mencapai nilai $5.5 miliar (sekitar Rp67 triliun) di 2018. Investor tahap menengah dan akhir berpeluang bagus jika terus memantau Fabelio.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang startup. Jadi apakah ada teman-teman yang mulai tertarik untuk membuat ataupun bekerja di sebuah Startup? Semoga semua Startup terus mendapatkan inovasi-inovasi baru yang mungkin saja dapat merubah dunia. Sebuah Startup juga tidak lepas dengan adanya sebuah kegagalan yang mungkin dapat membuat sebuah Startup frustasi, tetapi sebuah kegagalan itulah yang dapat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan evaluasi untuk menjadi lebih baik. Jadi, jika anda takut mendirikan sebuah Startup, itu salah. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih


Sumber Materi :
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup-bgmn-perkembangan-dunia-bisnis-startup-di-indonesia.html
https://forum.maxmanroe.com/threads/apa-itu-startup-dan-ciri-cirinya.145/
https://id.techinasia.com/struktur-dan-fungsi-jabatan-pada-sebuah-startup
https://id.techinasia.com/startup-paling-potensial-di-indonesia
http://tekno.liputan6.com/read/2348856/10-startup-indonesia-yang-berpotensi-jadi-perusahaan-besar
http://www.plimbi.com/article/160520/mengenal-startup-dan-7-karakteristiknya-
https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka
https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_rintisan

Sumber Foto :
http://www.sinyal.co.id/wp-content/uploads/2016/12/startup-kYAF-621x414@LiveMint.jpg
https://career.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2016/12/logo-tokopedia.png
https://press.traveloka.com/wp-content/uploads/2016/09/Traveloka_Primary_Logo.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmbaC-Ps4ZBT1uozNDZPNVy2P4ZGFRpvs2Qn871PIgHnaYZGX72rv2ekGYdesHo_mvWMM9Uzw5KDxquf-66MPALvI0bw3MLlS9AQuZ_Z8ie0tc-PNKe4C8wPqV0qy5BRaOz9h9YiY02ySl/s1600/ybg.jpg
www.acommerce.co.id
www.happyfresh.com
www.fabelio.com


Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: