Monday, March 20, 2017

Pulau Terkecil di Dunia Ada di Indonesia?


Halo teman-teman, apa kabar? Kembali lagi bersama Tevort yang tak henti-hentinya memberikan informasi yang tentunya bermanfaat untuk sobat semua, hehehe. Kali ini Tevort akan membahas tentang pulau terkecil di dunia. Perlu diketahui bahwa pulau terkecil di dunia ternyata ada di negara kita, Indonesia. Tambah bangga kan menjadi anak Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan ribuan keajaiban didalamnya, bahkan mungkin Indonesia adalah kepingan surga yang jatuh kebumi. Oke tidak perlu berlama-lama lagi ini dia ulasanya.

Tadinya nama Pulau Simping adalah Pulau Kelapa Dua, yang terletak di Teluk Mak Jantu, tepatnya berada di kawasan Sinka Island Park, Singkawang. PBB sendiri mengakui bahwa pulau mungil ini sebagai "The Smallest Island in the World", jadi keberadaannya sebagai pulau terkecil sudah diakui oleh dunia internasional. Dari berbagai sumber dan penjelasan yang didapat dari para pedagang makanan setempat, dahulunya pulau tersebut berpenghuni, tetapi karena abrasi yang parah, secara berangsur pulau itu mulai ditinggalkan. 

Pulau ini merupakan daratan yang terdiri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon diatasnya. Disana juga terdapat semacam kelenteng kecil sebagai tempat warga Tionghoa bersembahyang. Di pulau mungil ini pun tersedia suguhan pemandangan pantai, laut dan perbukitan yang indah mengelilinginya. Maka tak heran jika pulau ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Kedalaman laut di sekitar pulau ini tergolong dangkal memungkinkan Anda leluasa untuk berenang atau hanya sekedar bermain airPulau Simping ini juga dikelilingi pemandangan pantai, laut, dan perbukitan yang indah. Terletak di Perairan Bay Mak Jantu, Selatan Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini termasuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island. Selain itu, ada jembatan lumayan panjang untuk berjalan ke Pulau Simping yang dikelilingi batu-batu.
Jembatan menuju Pulau Simping
"Pulau simping adalah pulau terkecil di dunia dan telah di akui oleh PBB", setidaknya begitulah kalimat yang tertera pada sebuah plang di sisi kiri jembatan menuju pulauBelum jelas siapa yang memasang papan tulisan itu. Namun diduga yang memasang adalah pengelola pulau itu, pengelola wisata kawasan Sinka Park Island atau bisa juga Taman Safari dan Kebun Binatang Sinka Zoo yang lokasinya memang bersebelahan atau berjarak sekitar 100 meter dari Pulau Simping. Namun kebenaran tentang papan itu diragukan banyak pihak, karena tidak ada nama yang bersangkutan pemasang papan itu jadi tidak ada landasan hukum yang pasti. Diduga papan itu dipasang untuk menarik para wisatawan agar datang berkunjung.
Papan tulisan yang ada di sisi kiri jembatan
menuju Pulau Simping
Jika anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa luangkan waktu anda untuk berkunjung ke Pulau Simping. Pasti akan ada banyak pengalaman yang anda dapatkan. Untuk menjangkaunya pun juga tidak terlalu sulit, hanya 20 menit dari kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu. Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang. Jangan bingung untuk mendapatkan tempat penginapan, di Kota Singkawang banyak terdapat hotel berkelas bintang 3. Bagi anda yang berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang banyak di jual oleh para pedagang. Mereka menjual oleh-oleh seperti pernak-pernik hiasan rumah, bingkai foto yang terbuat dari pasir dan keong, pakaian, dan lain-lain.
Nah saingan pulau ini adalah Bishop Rock di Inggris. kalau yang satu ini sudah diakui dan masuk di Guiness Book of Record. Pulau ini ada di perbatasan antara Inggris dan atlantik. di pulau ini hanya cukup untuk satu bangunan, yaitu mercusuar setinggi 45 meter.

Bagaimana? Menarik bukan, kita sebagai generasi muda sudah sepatutnya bangga dan mencintai kekayaan alam dan budaya kita sendiri agar nantinya dapat kita wariskan kepada anak cucu kita kelak. Salam lestari!




Sumber referensi:
http://duniakaomao.blogspot.com/2012/08/pulau-simpingpulau-terkecil-di-dunia.html#ixzz4bsA1TSsk
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/pulau-simping-kalimantan-barat-keindahan-pulau-terkecil-di-dunia.html
http://wikimapia.org/16201320/Pulau-Simping-pulau-terkecil-di-dunia-ada-di-Indonesia

Sumber foto:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7lYUn3GoBZGGd9qJ6rQYozwTCT91H7vg2c8T3xdbV1YjcltwaKJlWWCyLDMbQcZ0PdMK-C0KiwJr5q8KWD_R08HWwQLOhel3NH3c0taK-C-Zv0R4IbVUbm7-su_Bmkmav0WgBFs75JNP9/s1600/Objek+Wisata+Simping6.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdYDkU2BYzRuGEYSE6ZR3e4q7OVX_azcASrHe3zGTGbKpb7kgs_Pt5iJzp-lujmdbjEe-osS5Dr5gzUG4WyzHCqE5LBYEu54U78c55Pn-4kSBnUkGgNS7ndAPCdp15tBb6GGWl1ieaLaRH/s1600/Pulau+Simping.jpg
Previous Post
Next Post
Related Posts

1 comment: